Rabu, 28 Februari 2018

Penjelasan Mengenai PERTUMBUHAN dan PERKEMBANGAN

Diposting oleh Fadillah Rahmayani di 10.57.00


1.      Pengertian Pertumbuhan 

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, pertumbuhan berasal dari kata  tumbuh yang berarti tambah besar atau sempurna.

Secara Termitologis  Pertumbuhan adalah perubahan
secara fisiologis sebagai hasil dari proses pematangan fungsi-fungsi fisik yang berlangsung secara normal pada anak yang sehat dalam perjalanan waktu tertentu.

2.     Pengertian Perkembangan
          Perkembangan berasal dari kata kembang menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia kembang berarti maju, menjadi lebih baik.
Secara Termitologis  Perkembangan adalah proses kualitatif yang mengacu pada penyempurnaan fungsi sosial dan psikologis dalam diri seseorang dan berlangsung sepanjang hidup

A.Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan

1. FAKTOR GENETIK (keturunan — masa konsepsi)
      Bersifat tetap atau tidak berubah sepanjang kehidupan Karakteristik: jenis  kelamin, ras, rambut, warna mata, pertumbuhan fisik, sikap tubuh dan lain-lain

2.FAKTOR ASUPAN
  Contoh: makanan,vitamin,buah-buahah,sayuran, dll

3. FAKTOR LINGKUNGAN
    Lingkungan baik membentuk potensi bawaan, lingkungan buruk malah akan menghambat.
    Faktor lingkungan sanagt mempengaruhi individu setiap hari, mulai konsepsi sampai akhir hayatnya, dan sangat menentukan tercapai atau tidaknya potensi bawaan
1. Lingkungan eksternal
v Kebudayaan
v Status sosial ekonomi keluarga
v Nutrisi
v Penyimpangan dari keadaan normal
v Olahraga
v Urutan anak dalam keluarganya

2. Lingkungan internal
q Hormon
q Emosi

B. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Fisik Remaja

v Keluarga
v  Gizi
v  Gangguan emosional
v  Jenis kelamin
v  Status sosial
v  Kesehatan
v  Bentuk tubuh

C. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perkembangan

      Faktor hereditas (warisan sejak lahir/ bawaan)
      Faktor Lingkungan
      Kematangan fungsi-fungsi organis dan psikis,
      Aktifitas anak sebagai subyek bebas yang berkemauan, kemampuan seleksi, bisa menolak atau menyetujui, punya emosi, serta usaha membangun diri sendiri

Tahapan-Tahapan Perkembangan Menurut Para Ahli
A. ARISTOTELES
Pembagian tahap perkembangan yang paling tua dikemukakan oleh Aristoteles. Aristoteles membagi masa perkembangan tersebut atas tiga tahap, yaitu:
1.                Masa kanak-kanak (0-7 tahun)
2.                Masa anak (7-14 tahun)
3.                Masa remaja (14-21 tahun) setelah itu adalah masa dewasa

 B. JEAN JACQUES ROUSSEAU
1.       Masa bayi (0-2 tahun), anak hidup sebagai binatang
2.       Masa kanak-kanak (2-12 tahun), anak hidup sebagai manusia biadab
3.       Masa remaja awal (12-15 tahun), anak hidup sebagai petualang perkembangan intelek dan pertimbangan
4.       Masa remaja yang sesungguhnya (15-24 tahun), individu hidup sebagai manusia beradab.
                             
C. STANLEY HALL
1.       Masa kanak-kanak (0-4 tahun), sebagai binatang melata dan berjalan
2.       Masa anak (4-8 tahun), sebagai manusia pemburu
3.       Masa remaja awal/puber (8-12 tahun), sebagai manusia biadab/liar
4.       Masa adolesen/remaja sesungguhnya (12/13 sampai dewasa)

D. SIGMUND FREUD
1.   Masa oral (0-2 tahun),bayi merasakan rasa senang,rangsangan benda, dll.
2.   Masa anal (2-4 tahun), bayi merasakan kesenangan ketika buang air besar.
3.   Masa falik (4-6 tahun), anak merasa senang jika ada rangsangan atau sentuhan pada kelaminnya.
4.   Masa latensi (6-12 tahun), dorongan seksual anak masih belum nampak.
5.   Masa enital (12 tahun sampai dewasa),merupakan masa kematangan seksual.
D. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Pribadi
 Perkembangan pribadi yang menyangkut perkembangan fisikofis dipengaruhi oleh:
a)     Status sosial ekonomi
b)    Filsafat hidup keluarga
c)     Pola hidup keluarga (seperti kedisiplinan, kepedulian terhadap kesehatan, dll)

E. Perkembangan remaja yang dilihat dari factor Sosial Psikologis
Ø  “Perkembangan psikologis dan pada identifikasi dari kanak-kanak menjadi dewasa”. Puncak perkembangan jiwa itu ditandai dengan adanya proses perubahan dari kondisi “entropy” ke kondisi “negen-tropy” (Sarlito, 1991: 11).

F. Pengertian Entropy dan Negentropy
Ø  Entropy adalah keadaan di mana kesadaran manusia masih belum tersusun rapi. Walaupun isinya sudah banyak (pengetahuan, perasaan, dan sebagainya), namun isi-isi tersebut belum saling terkait dengan baik, sehingga belum bisa berfungsi secara maksimal.
Ø  Negentropy (negative entropy) adalah keadaan di mana isi kesadaraan tersusun dengan baik, pengetahuan yang satu terkait dengan perasaan atau sikap.

G. Dalam Psikologi Perkembangan ada tiga aliran faktor-faktor perkembangan
1)       Aliran Nativisme
faktor- faktor yang mempengaruhi dalam Aliran ini
a.  Faktor genetik:
      Adalah faktor gen dari kedua orangtua yang mendorong adanya suatu bakat  yang muncul dari diri manusia
b. Faktor Kemampuan Anak
  Adalah faktor yang menjadikan seorang anak mengetahui potensi yang terdapat   dalam dirinya
c. Faktor pertumbuhan Anak
    Adalah faktor yang mendorong anak mengetahui bakat dan minatnya di setiap     pertumbuhan dan perkembangan secara alami sehingga jika pertumbuhan anak itu normal    maka dia kan bersikap enerjik, aktif, dan responsive terhadap kemampuan yang dimiliki
2) Aliran Emprise
3) Aliran Konvergensi


Sumber : Ikalor, Allvanialista. 2013. PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN. Jurnal Pertumbuhan dan Perkembangan. Vol 7. No 1. ISSN : 2104-1994.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Fadillah's blog Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review