Sabtu, 12 Oktober 2019

CONTOH FORMAT INSTRUMEN SUPERVISI

Diposting oleh Fadillah Rahmayani di 06.22.00
Dibawah ini merupakan lampiran instrumen supervisi Pendidikan. 



INSTRUMEN SUPERVISI KURIKULUM 2013
 
 

Form 1

INSTRUMEN SUPERVISI RPP  
(KURIKULUM 2013)
SD/SMP/SMA/SMK


Nama Guru                : …………………………….......................................
Nama Sekolah            : …………………………….......................................
Nama Sekolah            : …………………………….......................................

Aspek yang Diamati
Belum Sesuai
(1)
Sesuai sebagian
(2)
Sesuai semua
(3)
Catatan
A.
Perumusan Indikator




1
Indikator sesuai dengan SKL-KI, dan KD




2
Meliputi dimensi sikap, keterampilan dan pengetahuan




3
Menggunakan kata kerja operasional yang mengandung satu prilaku




4
Mengadung satu prilaku yang dapat diobservasi




5
Mencakup  level berpikir tinggi (analisis, evaluasi, atau mencipta).




6
Meliputi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan/atau metakognitif (learning how to learn)




B.
Perumusan Tujuan Pembelajaran




7
Tujuan realistik, dapat dicapai melalui proses pembelajaran




8
Relevan dengan kompetensi dasar dan indikator




9
Mencakup pengembangan sikap, keterampilan dan pengetahuan




10
Mengandung unsur menciptakan karya




C.
Materi Pelajaran




11
Relevan dengan tujuan




12
Sesuai dengan potensi peserta didik




13
Kontekstual




14
Sesuai dengan perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spiritual siswa




15
Bermanfaat untuk peserta didik




16
Materi yang disajikan aktual




17
Relevan dengan kebutuhan siswa




D.
Media Belajar




18
Sesuai dengan tujuan pembelajaran.




19
Memudahkan siswa menguasai materi pelajaran




20
Memfasilitasi siswa menerapkan pendekatan saintifik




21
Memberdayakan teknologi informasi dan komunikasi




E.
Metode Pembelajaran




22
Sesuai dengan tujuan pembelajaran.




23
Sesuai dengan pendekatan saintifik




24
Sesuai dengan model model inkuiri, pembelajaran berbasis masalah, atau proyek.




25
Mengembangkan kapasitas individu dan kerja sama peserta didik




E.
Rencana Kegiatan Pembelajaran




26
Menampilkan kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup.




27
Menjelaskan tujuan pembelajaran




28
Merencanakan kegiatan siswa mengamati




29
Merencanakan kegiatan siswa menanya




30
Merancang kegiatan siswa mencoba




31
Merancang  kegiatan siswa menalar atau mengasosiasi (eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi)




32
Merancang kegiatan siswa membentuk jejaring atau mengomunikasikan produk penalarannya




33
Merangkan kegiatan siswa berkarya atau mencipta




34
Mengandung rencana kegiatan tindak lanjut (penugasan, remedial, dan pengayaan)




F.
Penilaian




35
Menilai ketercapain indikator hasil belajar




36
Mengukur sikap, pengetahuan, dan keterampilan




37
Merancang penilaian otentik




38
Meliputi rancangan instrumen tes




39
merancang penilai tugas




40
Menetapkan pedoman penskoran




SKOR RENCANA PELAKSANAAN PEBELAJARAN




Nilai








Kriteria:
Amat baik
86
 s.d
100

Baik
70
 s.d
85

Kurang
Di bawah 70






Kesimpulan :




......................................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................................
Refleksi




......................................................................................................................................................................
……………………………………………………………………………………………………………..
......................................................................................................................................................................
Rekomendasi :




......................................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................................

........................, …………………
Penilai,



                                                                                                ....................................................
                                                                                                NIP.








Form 2


INSTRUMEN SUPERVISI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(KURIKULUM 2013)
SD/SMP/SMA/SMK


Nama Guru                : …………………………….......................................
Nama Sekolah            : …………………………….......................................
Nama Sekolah            : …………………………….......................................


Aspek yang Diamati
Belum Sesuai
(1)
Sesuai sebagian
(2)
Sesuai semua
(3)
Catatan
A. Apersepsi dan Motivasi




1
Mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau pembelajaran sebelumnya.




2
Mengajukan pertanyaan menantang.




3
Menyampaikan manfaat materi pembelajaran.




4
Mendemonstrasikan sesuatu yang terkait dengan materi pembelajaran.




B. Penyampaian Kompetensi dan Rencana Kegiatan




5
Menyampaikan kemampuan yang akan dicapai  peserta didik.




6
Menyampaikan rencana kegiatan misalnya, individual, kerja kelompok, dan melakukan observasi.




C. Kegiatan Inti




Penguasaan Materi Pelajaran




7
Kemampuan menyesuiakan materi dengan tujuan pembelajaran.




8
Kemampuan mengkaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan,  perkembangan Iptek , dan kehidupan nyata.




9
Menyajikan  pembahasan   materi pembelajaran dengan tepat.




10
Menyajikan materi secara sistematis  (mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak)




Penerapan Strategi Pembelajaran yang Mendidik




11
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai.




12
Menfasilitasi kegiatan yang memuat komponen eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi.




13
Melaksanakan pembelajaran secara runtut.




14
Menguasai kelas.




15
Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual.




16
Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif (nurturant effect).




17
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan.




Penerapan Pendekatan scientific




18
Memberikan pertanyaan mengapa dan bagaimana.




19
Memfasilitasi peserta didik untuk   mengamati.




20
Memancing peserta didik untuk  bertanya.




21
Memfasilitasi peserta didik untuk mencoba.




22
Memfasilitasi peserta didik untuk   menganalisis.




23
Memberikan pertanyaan peserta didik untuk  menalar (proses berfikir yang logis dan sistematis).




24
 Menyajikan kegiatan peserta didik untuk  berkomunikasi.




Pemanfaatan Sumber Belajar/Media dalam Pembelajaran




25
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan sumber belajar  pembelajaran.




26
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan  media pembelajaran.




27
Menghasilkan pesan yang menarik.




28
Melibatkan peserta didik dalam   pemanfaatan sumber belajar pembelajaran.




29
Melibatkan peserta didik dalam   pemanfaatan   media pembelajaran.




D.  Pelibatan Peserta Didik dalam Pembelajaran




30
 Menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik melalui interaksi guru, peserta didik, sumber belajar.




31
Merespon positif partisipasi peserta didik.




32
Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons peserta didik.




33
Menunjukkan hubungan antar pribadi yang kondusif.




34
Menumbuhkan keceriaan atau antuisme peserta didik dalam belajar.





E. Melaksanakan Penilaian Autentik




35
Menilai sikap dalam pembelajaran




36
Menilai pengetahuan dalam proses pembelajaran




37
Menilai pengetahuan dalam proses pembelajaran




F. Penggunaan Bahasa yang Benar dan Tepat dalam Pembelajaran




38
Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancar.




39
Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar.




F. Penutup pembelajaran 




40
Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan peserta didik.




41
Mengumpulkan hasil kerja sebagai bahan portofolio.




42
Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan  kegiatan berikutnya dan tugas  pengayaan.




Jumlah




Nilai








Kriteria:
Amat baik
86
 s.d
100

Baik
70
 s.d
85

Kurang
Di bawah 70






Kesimpulan :




......................................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................................
Refleksi




......................................................................................................................................................................
……………………………………………………………………………………………………………..
......................................................................................................................................................................
Rekomendasi :




......................................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................................











Form 3a


Instrumen monitoring
ADMINISTRASI PEMBELAJARAN
SD/SMP/SMA/SMK


Nama Guru                 : ………………………………………….
Mata Pelajaran            : ………………………………………….
Nama Sekolah            : ………………………………………….
No
Aspek Yang Diamati
Nilai
Keterangan
1
2
3
4
5
1
Apakah guru memiliki SK Pembagian Tugas Mengajar dari kepala sekolah tahun pelajaran terakhir.






2
Apakah guru memiliki jadwal pelajaran minimal 24 jam per minggu






3
Apakah guru membuat program tahunan dalam tahun terakhir.






4
Apakah guru membuat program semester untuk dua semester terakhir.






5
Apakah guru memiliki silabus yang dibuat sendiri dan silabus dari pemerintah






6
Apakah guru memiliki RPP yang disusun sendiri






7
Apakah guru melakukan pembelajaran sesuai jadwal






8
Apakah guru memiliki dan menggunakan buku teks dan buku referensi






9
Apakah guru memiliki rancangan penilaian , penilaian , Instrumen, kunci, rubrik dan kriteria penilaian UH.






10
Apakah guru memiliki Instrumen, kunci, rubrik dan kriteria penilaian UTS






11
Apakah guru memiliki Instrumen, kunci, rubrik, kriteria dan kisi-kisi penilaian UAS






12
Apakah guru mengoreksi hasil ulangan






13
Apakah guru membuat program dan instrumen penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur






14
Apakah guru mendokumen-tasikan hasil penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur






15
Apakah guru memiliki buku daftar nilai dan berisi Nilai UH, Remidi, UTS, UAS dan Nilai Tugas.






16
Apakah guru melakukan analisis hasil evaluasi UH.






17
Apakah guru menyusun dan melaksanakan program remedial.






18
Apakah guru menyusun dan melaksanakan program pengayaan.






19
Apakah guru mendapatkan tambahan dan memiliki data administrasi tugas selain mengajar






20
Apakah guru memiliki buku agenda mengajar






21
Apakah guru memiliki Permendiknas nomor 22, 23 tahun 2006 dan Permendiknas nomor 20 tahun 2007
(Permendikbud : 54,64,65,66,81A 2013 dan Permendikbud No.58,61,62,63 2014)






22
Apakah guru memiliki buku-buku panduan (panduan pengembangan RPP, panduan pengembangan silabus, panduan pengembangan bahan ajar dll)






23
Apakah guru melakukan pengembangan bahan ajar






24
Apakah guru memiliki karya ilmiah populer






25
Apakah guru memiliki hasil PTK







Jumlah






           
Jumlah Skor               : ..............................
Skor Maksimal            : 25 x 5 = 125
Nilai Akhir                    : Skor perolehan : skor maksimal x 100 = ....................                                          
                                                                                                            ......................., .............................
                                                            Petugas Monitoring                        Guru yang bersangkutan,


Catatan :
5 : Amat Baik
4 : Baik
3 : Cukup
2 : Kurang
 1 : Sangat Kurang
 
 


                                                                  …………………………..
                                                            NIP.                                                          NIP.













Form 3b


Instrumen monitoring
ADMINISTRASI KHUSUS  GURU BIMBINGAN  KONSELING (BK)
SMP/SMA/SMK

Nama Guru                 : ………………………………………….
Nama Sekolah            : ………………………………………….
No
Aspek Yang Diamati
Nilai
Keterangan
1
2
3
4
5
1
Apakah guru memiliki SK Pembagian Tugas Pembimbingan dari kepala sekolah tahun pelajaran terakhir.






2
Apakah guru pembimbing memiliki perhitungan jam kegiatan pelayanan konseling di sekolah ekivalen dengan minimal 24 jam per minggu






3
Apakah guru pembimbing membuat sendiri Program Kerja Tahunan pada tahun pelajaran terakhir.






4
Apakah guru pembimbing membuat sendiri Program Kerja Semester tahun pelajaran terakhir.






5
Apakah guru pembimbing membuat sendiri Program Kerja Bulanan tahun pelajaran terakhir






6
Apakah guru pembimbing membuat sendiri Program Mingguan Layanan Konseling






7
Apakah guru pembimbing membuat sendiri Program Harian Layanan Konseling






8
Apakah guru pembimbing membuat sendiri Satuan Layanan






9
Apakah guru pembimbing membuat Daftar Siswa Asuh dan buku pribadi






10
Apakah guru pembimbing melaksanakan 9 layanan konseling (Orientasi, Informasi, Penempatan dan Penyaluran, Penguasaan Konten, Konseling Perorangan, Bimbingan Kelompok, Konseling Kelompok, Mediasi, Konsultasi)






11
Apakah guru pembimbing melaksanakan kegiatan pendukung (Aplikasi Instrumentasi, Himpunan Data, Konferensi Kasus, Kunjungan Rumah, Alih Tangan Kasus)






12
Apakah guru pembimbing membuat sendiri satuan layanan kegiatan pendukung (Satkung)






13
Apakah guru pembimbing melaksanakan evaluasi pelaksanaan konseling (Penilaian Segera, Penilaian Jangka Pendek, Penilaian Jangka Panjang)






14
Apakah guru pembimbing melaksanakan analisis hasil evaluasi pelaksanaan konseling (semester 1 dan 2)






15
Apakah guru pembimbing melaksanakan tindak lanjut pelaksanaan konseling






16
Apakah guru pembimbing membuat administrtasi pelaksanaan konseling (Buku Kasus, Catatan Kejadian, Sosiometri, Grafik Masalah, Jurnal Kegiatan BK, Buku Tamu)






17
Apakah guru pembimbing membuat Laporan Bulanan, Laporan Semester dan Laporan Tahunan






18
Apakah guru pembimbing melakukan layanan konseling sesuai jadwal






19
Apakah guru mendapatkan tambahan dan memiliki data administrasi tugas selain mengajar






20
Apakah guru memiliki buku agenda mengajar






21
Apakah guru memiliki Permendiknas nomor 22, 23 tahun 2006 dan Permendiknas nomor 20 tahun 2007






22
Apakah guru memiliki buku-buku panduan (panduan pengembangan RPP, panduan pengembangan silabus, panduan pengembangan bahan ajar dll)






23
Apakah guru melakukan pengembangan bahan ajar






24
Apakah guru memiliki karya ilmiah populer






25
Apakah guru memiliki hasil PTK






                                                           
           
Jumlah Skor               : ..............................
Skor Maksimal            : 25 x 5 = 125
Nilai Akhir                    : Skor perolehan : skor maksimal x 100 = ....................                                          

Catatan :
5 : Amat Baik
4 : Baik
3 : Cukup
2 : Kurang
1 : Sangat Kurang
 
                                                                                                ......................., .............................
                                                            Petugas Monitoring                        Guru yang bersangkutan,



                                                            …………………………...
                                                            NIP.                                                NIP.


 INSTRUMEN SUPERVISI KTSP





Lampiran 1
 
 


INSTRUMEN PENILAIAN SILABUS

Nama Guru                : …………………………….......................................
Nama Sekolah            : …………………………….......................................
Nama Sekolah            : …………………………….......................................
No
Aspek Penilaian
Deskriptor
Skor
Ket
1.            
                       
Ketepatan dan keajegan  SK/KD
·         Rumusan Standar Kompetensi  (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) sesuai dengan standar Isi
·         Jika terjadi perubahan urutan,maka sesuai dengan hierarki konsep disiplin ilmu atau tingkat kesulitan materi
·         Ada kesesuaian antara KD dengan komponen-komponennya  (indikator, materi, kegiatan belajar, media/sumber, evaluasi)


2.
Keakuratan Materi  Pembelajaran

·         Materi pembelajaran benar secara teoritis
·         Materi pembelajaran mendukung pencapaian KD (Selaras dengan KD)
·         Sesuai dengan tingkat perkembangan dan bermanfaat bagi peserta didik


3.
Kegiatan Pembelajaran
·         Kegiatan pembelajaran memuat aktivitas belajar yang berpusat pada siswa/belajar aktif
·         Tahapan kegiatan pembelajaran mendukung tercapainya KD
·         Kegiatan pembelajaran memberikan kesempatan kepada siswa untuk  mengembangkan kecakapan hidup (personal, sosial)
·         Sesuai dengan pengalaman belajar yang dikembangkan dalam kegiatan pembelajaran


4.
Indikator
·         Rumusan indikator berisi jabaran perilaku untuk mengukur tercapainya KD
·         Rumusan indikator berupa kata kerja operasional yang dapat diukur dan diobservasi
·         Terdiri dari beberapa rumusan indikator (minimal 2 indikator) untuk setiap KD
·         Tingkat kata kerja lebih rendah atau minimal sama dengan KD


5.
Penilaian
·         Alat penilaian sesuai  dan mencakup seluruh indikator
·         Wujud/contoh alat penilaian jelas dan sesuai dengan indikator


6.
Alokasi Waktu
·         Alokasi waktu sesuai dengan cakupan kompetensi
·         Alokasi waktu sesuai dengan program semester yang telah disusun


7.
Sumber Belajar
·         Sumber belajar sesuai untuk mendukung tercapainya KD
·         Sumber belajar bervariasi


Jumlah Skor Perolehan


Kriteria Penilaian
Setiap munculnya  deskriptor secara sempurna  mendapat skor  2
Deskripor yang muncul, namun kurang sempurna mendapat skor 1 dan tidak munculnya deskriptor mendapat skor 0.
Skor maksimal  20 x 2 = 40
........................, …………………
Penilai,
                                                                                   
....................................................
                                                                                                NIP.



Lampiran 2
 
INSTRUMEN PENILAIAN RPP

Nama Guru                : …………………………….......................................
Nama Sekolah            : …………………………….......................................
Nama Sekolah            : …………………………….......................................
No
Aspek Penilaian
Deskriptor
Skor
Keterangan
1.            
                       
Kesesuaian SK, KD, indikator, dan alokasi waktu
·         Rumusan standar kompetensi  (SK) dan KD sesuai dengan standar Isi
·         Rumusan indikator berisi perilaku untuk mengukur tercapainya KD dan alokasi waktu sesuai dengan cakupan kompetensi dan alokasi yang tersedia di dalam silabus
·         Rumusan indikator berupa kata kerja operasional yang dapat diukur dan atau diobservasi dan sesuai dengan indikator yang ada di silabus


2.
Tujuan Pembelaja-ran
·         Rumusan tujuan pembelajaran selaras dengan KD
·         Rumusan tujuan pembelajaran merupakan rincian/lebih spesifik dari KD


 3.
Pengemb-angan materi dan bahan ajar
·         Materi pembelajaran benar secara teoritis
·         Materi pembelajaran mendukung pencapaian KD (Selaras dengan KD)
·         Materi pembelajaran dijabarkan dalam bahan ajar secara memadai dan kontekstual


4.
Metode Pembelajaran
·         Metode pembelajaran bervariasi
·         Tiap-tiap metode yang dicantumkan benar-benar tercermin dalam langkah-langkah pembelajaran


5.
Langkah-langkah Pembelajaran
·         Pendahuluan berisi pengaitan   kompetensi yang akan dibelajarkan dengan konteks kehidupan siswa atau kompetensi sebelumnya.
·         Kegiatan inti dituliskan secara rinci untuk menjabarkan tahapan pencapaian KD disertai alokasi waktu
·         Inti pembelajaran yang dirancang  berfokus pada siswa
·         Inti pembelajaran memberi kesempatan siswa bekerja sama dengan teman atau berinteraksi dengan lingkungan/masyarakat sekitar
·         Penutup pembelajaran berisi penyimpulan/ refleksi/ atau tindak lanjut (tugas pengayaan/ pemantapan)
·         Rumusan langkah-langkah pembelajaran menggambarkan kegiatan dan materi yang akan dicapai.


6.
Sumber Belajar
·         Sumber belajar sesuai untuk mendukung tercapainya KD
·         Sumber belajar bervariasi


7.
Penilaian
·         Alat penilaian sesuai  dan mencakup seluruh indikator
·         Rubrik/pedoman penyekoran/kunci jawaban dicantumkan secara jelas dan tepat


Jumlah Skor Perolehan


Kriteria Penilaian
Setiap munculnya  deskriptor secara sempurna  mendapat skor  2
Deskripor yang muncul, namun kurang sempurna mendapat skor 1 dan tidak munculnya deskriptor mendapat skor 0.
Skor maksimal  20 x 2 = 40
........................, …………………
Penilai,



                                                                                                ....................................................
                                                                                                NIP.
Lampiran 3
 
 






















Lampiran 4a
 
Instrumen monitoring
ADMINISTRASI PEMBELAJARAN
SD/SMP/SMA/SMK


Nama Guru                 : ………………………………………….
Mata Pelajaran            : ………………………………………….
Nama Sekolah            : ………………………………………….
No
Aspek Yang Diamati
Nilai
Keterangan
1
2
3
4
5
1
Apakah guru memiliki SK Pembagian Tugas Mengajar dari kepala sekolah tahun pelajaran terakhir.






2
Apakah guru memiliki jadwal pelajaran minimal 24 jam per minggu






3
Apakah guru membuat program tahunan dalam tahun terakhir.






4
Apakah guru membuat program semester untuk dua semester terakhir.






5
Apakah guru memiliki silabus yang dibuat sendiri dan silabus dari pemerintah






6
Apakah guru memiliki RPP yang disusun sendiri






7
Apakah guru melakukan pembelajaran sesuai jadwal






8
Apakah guru memiliki dan menggunakan buku teks dan buku referensi






9
Apakah guru memiliki rancangan penilaian , penilaian , Instrumen, kunci, rubrik dan kriteria penilaian UH.






10
Apakah guru memiliki Instrumen, kunci, rubrik dan kriteria penilaian UTS






11
Apakah guru memiliki Instrumen, kunci, rubrik, kriteria dan kisi-kisi penilaian UAS






12
Apakah guru mengoreksi hasil ulangan






13
Apakah guru membuat program dan instrumen penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur






14
Apakah guru mendokumen-tasikan hasil penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur






15
Apakah guru memiliki buku daftar nilai dan berisi Nilai UH, Remidi, UTS, UAS dan Nilai Tugas.






16
Apakah guru melakukan analisis hasil evaluasi UH.






17
Apakah guru menyusun dan melaksanakan program remedial.






18
Apakah guru menyusun dan melaksanakan program pengayaan.






19
Apakah guru mendapatkan tambahan dan memiliki data administrasi tugas selain mengajar






20
Apakah guru memiliki buku agenda mengajar






21
Apakah guru memiliki Permendiknas nomor 22, 23 tahun 2006 dan Permendiknas nomor 20 tahun 2007
(Permendikbud : 54,64,65,66,81A 2013 dan Permendikbud No.58,61,62,63 2014)






22
Apakah guru memiliki buku-buku panduan (panduan pengembangan RPP, panduan pengembangan silabus, panduan pengembangan bahan ajar dll)






23
Apakah guru melakukan pengembangan bahan ajar






24
Apakah guru memiliki karya ilmiah populer






25
Apakah guru memiliki hasil PTK







Jumlah






           
Jumlah Skor               : ..............................
Skor Maksimal            : 25 x 5 = 125
Nilai Akhir                    : Skor perolehan : skor maksimal x 100 = ....................                                          
                                                                                                            ......................., .............................
                                                            Petugas Monitoring                        Guru yang bersangkutan,


Catatan :
5 : Amat Baik
4 : Baik
3 : Cukup
2 : Kurang
 1 : Sangat Kurang
 
 


                                                                  …………………………..
                                                            NIP.                                                          NIP.















Lampiran 4b
 
Instrumen monitoring
ADMINISTRASI KHUSUS  GURU BIMBINGAN  KONSELING (BK)
SMP/SMA/SMK

Nama Guru                 : ………………………………………….
Nama Sekolah            : ………………………………………….
No
Aspek Yang Diamati
Nilai
Keterangan
1
2
3
4
5
1
Apakah guru memiliki SK Pembagian Tugas Pembimbingan dari kepala sekolah tahun pelajaran terakhir.






2
Apakah guru pembimbing memiliki perhitungan jam kegiatan pelayanan konseling di sekolah ekivalen dengan minimal 24 jam per minggu






3
Apakah guru pembimbing membuat sendiri Program Kerja Tahunan pada tahun pelajaran terakhir.






4
Apakah guru pembimbing membuat sendiri Program Kerja Semester tahun pelajaran terakhir.






5
Apakah guru pembimbing membuat sendiri Program Kerja Bulanan tahun pelajaran terakhir






6
Apakah guru pembimbing membuat sendiri Program Mingguan Layanan Konseling






7
Apakah guru pembimbing membuat sendiri Program Harian Layanan Konseling






8
Apakah guru pembimbing membuat sendiri Satuan Layanan






9
Apakah guru pembimbing membuat Daftar Siswa Asuh dan buku pribadi






10
Apakah guru pembimbing melaksanakan 9 layanan konseling (Orientasi, Informasi, Penempatan dan Penyaluran, Penguasaan Konten, Konseling Perorangan, Bimbingan Kelompok, Konseling Kelompok, Mediasi, Konsultasi)






11
Apakah guru pembimbing melaksanakan kegiatan pendukung (Aplikasi Instrumentasi, Himpunan Data, Konferensi Kasus, Kunjungan Rumah, Alih Tangan Kasus)






12
Apakah guru pembimbing membuat sendiri satuan layanan kegiatan pendukung (Satkung)






13
Apakah guru pembimbing melaksanakan evaluasi pelaksanaan konseling (Penilaian Segera, Penilaian Jangka Pendek, Penilaian Jangka Panjang)






14
Apakah guru pembimbing melaksanakan analisis hasil evaluasi pelaksanaan konseling (semester 1 dan 2)






15
Apakah guru pembimbing melaksanakan tindak lanjut pelaksanaan konseling






16
Apakah guru pembimbing membuat administrtasi pelaksanaan konseling (Buku Kasus, Catatan Kejadian, Sosiometri, Grafik Masalah, Jurnal Kegiatan BK, Buku Tamu)






17
Apakah guru pembimbing membuat Laporan Bulanan, Laporan Semester dan Laporan Tahunan






18
Apakah guru pembimbing melakukan layanan konseling sesuai jadwal






19
Apakah guru mendapatkan tambahan dan memiliki data administrasi tugas selain mengajar






20
Apakah guru memiliki buku agenda mengajar






21
Apakah guru memiliki Permendiknas nomor 22, 23 tahun 2006 dan Permendiknas nomor 20 tahun 2007






22
Apakah guru memiliki buku-buku panduan (panduan pengembangan RPP, panduan pengembangan silabus, panduan pengembangan bahan ajar dll)






23
Apakah guru melakukan pengembangan bahan ajar






24
Apakah guru memiliki karya ilmiah populer






25
Apakah guru memiliki hasil PTK






                                                           
           
Jumlah Skor               : ..............................
Skor Maksimal            : 25 x 5 = 125
Nilai Akhir                    : Skor perolehan : skor maksimal x 100 = ....................                                          

                                                                                                ......................., .............................
                                                            Petugas Monitoring                        Guru yang bersangkutan,


Catatan :
5 : Amat Baik
4 : Baik
3 : Cukup
2 : Kurang
1 : Sangat Kurang
 
 
                                                                              …………………………...
                                                            NIP.                                                          NIP.















 




0 komentar:

Posting Komentar

 

Fadillah's blog Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review