INSTRUMEN SUPERVISI KURIKULUM 2013
Form 1
INSTRUMEN SUPERVISI RPP
(KURIKULUM 2013)
SD/SMP/SMA/SMK
Nama Guru :
…………………………….......................................
Nama Sekolah :
…………………………….......................................
Nama Sekolah :
…………………………….......................................
Aspek yang Diamati
|
Belum Sesuai
(1)
|
Sesuai sebagian
(2)
|
Sesuai semua
(3)
|
Catatan
|
|
A.
|
Perumusan Indikator
|
|
|
|
|
1
|
Indikator sesuai dengan SKL-KI, dan
KD
|
|
|
|
|
2
|
Meliputi dimensi sikap,
keterampilan dan pengetahuan
|
|
|
|
|
3
|
Menggunakan kata kerja operasional
yang mengandung satu prilaku
|
|
|
|
|
4
|
Mengadung satu prilaku yang dapat
diobservasi
|
|
|
|
|
5
|
Mencakup level berpikir tinggi (analisis, evaluasi,
atau mencipta).
|
|
|
|
|
6
|
Meliputi pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan/atau metakognitif (learning how to learn)
|
|
|
|
|
B.
|
Perumusan Tujuan Pembelajaran
|
|
|
|
|
7
|
Tujuan realistik, dapat dicapai
melalui proses pembelajaran
|
|
|
|
|
8
|
Relevan dengan kompetensi dasar dan
indikator
|
|
|
|
|
9
|
Mencakup pengembangan sikap,
keterampilan dan pengetahuan
|
|
|
|
|
10
|
Mengandung unsur menciptakan karya
|
|
|
|
|
C.
|
Materi Pelajaran
|
|
|
|
|
11
|
Relevan dengan tujuan
|
|
|
|
|
12
|
Sesuai dengan potensi peserta didik
|
|
|
|
|
13
|
Kontekstual
|
|
|
|
|
14
|
Sesuai dengan perkembangan fisik,
intelektual, emosional, sosial, dan spiritual siswa
|
|
|
|
|
15
|
Bermanfaat untuk peserta didik
|
|
|
|
|
16
|
Materi yang disajikan aktual
|
|
|
|
|
17
|
Relevan dengan kebutuhan siswa
|
|
|
|
|
D.
|
Media Belajar
|
|
|
|
|
18
|
Sesuai dengan tujuan pembelajaran.
|
|
|
|
|
19
|
Memudahkan siswa menguasai materi pelajaran
|
|
|
|
|
20
|
Memfasilitasi siswa menerapkan pendekatan saintifik
|
|
|
|
|
21
|
Memberdayakan teknologi informasi dan komunikasi
|
|
|
|
|
E.
|
Metode Pembelajaran
|
|
|
|
|
22
|
Sesuai dengan tujuan pembelajaran.
|
|
|
|
|
23
|
Sesuai dengan pendekatan saintifik
|
|
|
|
|
24
|
Sesuai dengan model model inkuiri, pembelajaran berbasis
masalah, atau proyek.
|
|
|
|
|
25
|
Mengembangkan kapasitas individu dan kerja sama peserta didik
|
|
|
|
|
E.
|
Rencana Kegiatan Pembelajaran
|
|
|
|
|
26
|
Menampilkan kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup.
|
|
|
|
|
27
|
Menjelaskan tujuan pembelajaran
|
|
|
|
|
28
|
Merencanakan kegiatan siswa mengamati
|
|
|
|
|
29
|
Merencanakan kegiatan siswa menanya
|
|
|
|
|
30
|
Merancang kegiatan siswa mencoba
|
|
|
|
|
31
|
Merancang kegiatan siswa
menalar atau mengasosiasi (eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi)
|
|
|
|
|
32
|
Merancang kegiatan siswa membentuk jejaring atau
mengomunikasikan produk penalarannya
|
|
|
|
|
33
|
Merangkan kegiatan siswa berkarya atau mencipta
|
|
|
|
|
34
|
Mengandung rencana kegiatan tindak lanjut (penugasan, remedial,
dan pengayaan)
|
|
|
|
|
F.
|
Penilaian
|
|
|
|
|
35
|
Menilai ketercapain indikator hasil belajar
|
|
|
|
|
36
|
Mengukur sikap, pengetahuan, dan keterampilan
|
|
|
|
|
37
|
Merancang penilaian otentik
|
|
|
|
|
38
|
Meliputi rancangan instrumen tes
|
|
|
|
|
39
|
merancang penilai tugas
|
|
|
|
|
40
|
Menetapkan pedoman penskoran
|
|
|
|
|
SKOR RENCANA PELAKSANAAN PEBELAJARAN
|
|
||||
Nilai
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
Kriteria:
|
|||||
Amat baik
|
86
|
s.d
|
100
|
|
|
Baik
|
70
|
s.d
|
85
|
|
|
Kurang
|
Di bawah 70
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
Kesimpulan :
|
|||||
......................................................................................................................................................................
|
|||||
......................................................................................................................................................................
|
|||||
......................................................................................................................................................................
|
|||||
Refleksi
|
|||||
......................................................................................................................................................................
|
|||||
……………………………………………………………………………………………………………..
|
|||||
......................................................................................................................................................................
|
|||||
Rekomendasi :
|
|||||
......................................................................................................................................................................
|
|||||
......................................................................................................................................................................
|
|||||
......................................................................................................................................................................
|
........................, …………………
Penilai,
....................................................
NIP.
Form 2
INSTRUMEN SUPERVISI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(KURIKULUM 2013)
SD/SMP/SMA/SMK
Nama Guru : …………………………….......................................
Nama Sekolah :
…………………………….......................................
Nama Sekolah :
…………………………….......................................
Aspek yang Diamati
|
Belum Sesuai
(1)
|
Sesuai sebagian
(2)
|
Sesuai semua
(3)
|
Catatan
|
|
A. Apersepsi dan Motivasi
|
|||||
1
|
Mengaitkan materi pembelajaran
sekarang dengan pengalaman peserta didik atau pembelajaran sebelumnya.
|
|
|
|
|
2
|
Mengajukan pertanyaan menantang.
|
|
|
|
|
3
|
Menyampaikan manfaat materi
pembelajaran.
|
|
|
|
|
4
|
Mendemonstrasikan sesuatu yang
terkait dengan materi pembelajaran.
|
|
|
|
|
B. Penyampaian Kompetensi dan
Rencana Kegiatan
|
|
|
|
||
5
|
Menyampaikan kemampuan yang akan
dicapai peserta didik.
|
|
|
|
|
6
|
Menyampaikan rencana kegiatan
misalnya, individual, kerja kelompok, dan melakukan observasi.
|
|
|
|
|
C. Kegiatan Inti
|
|
|
|
|
|
Penguasaan Materi Pelajaran
|
|
|
|
|
|
7
|
Kemampuan menyesuiakan materi
dengan tujuan pembelajaran.
|
|
|
|
|
8
|
Kemampuan mengkaitkan materi dengan
pengetahuan lain yang relevan, perkembangan
Iptek , dan kehidupan nyata.
|
|
|
|
|
9
|
Menyajikan pembahasan
materi pembelajaran dengan tepat.
|
|
|
|
|
10
|
Menyajikan materi secara
sistematis (mudah ke sulit, dari
konkrit ke abstrak)
|
|
|
|
|
Penerapan Strategi Pembelajaran
yang Mendidik
|
|
|
|
|
|
11
|
Melaksanakan pembelajaran sesuai
dengan kompetensi yang akan dicapai.
|
|
|
|
|
12
|
Menfasilitasi kegiatan yang memuat
komponen eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi.
|
|
|
|
|
13
|
Melaksanakan pembelajaran secara
runtut.
|
|
|
|
|
14
|
Menguasai kelas.
|
|
|
|
|
15
|
Melaksanakan pembelajaran yang
bersifat kontekstual.
|
|
|
|
|
16
|
Melaksanakan pembelajaran yang
memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif (nurturant effect).
|
|
|
|
|
17
|
Melaksanakan pembelajaran sesuai
dengan alokasi waktu yang direncanakan.
|
|
|
|
|
Penerapan Pendekatan scientific
|
|
|
|
|
|
18
|
Memberikan pertanyaan mengapa dan
bagaimana.
|
|
|
|
|
19
|
Memfasilitasi peserta didik
untuk mengamati.
|
|
|
|
|
20
|
Memancing peserta didik untuk bertanya.
|
|
|
|
|
21
|
Memfasilitasi peserta didik untuk
mencoba.
|
|
|
|
|
22
|
Memfasilitasi peserta didik
untuk menganalisis.
|
|
|
|
|
23
|
Memberikan pertanyaan peserta didik
untuk menalar (proses berfikir yang
logis dan sistematis).
|
|
|
|
|
24
|
Menyajikan kegiatan peserta didik untuk berkomunikasi.
|
|
|
|
|
Pemanfaatan Sumber Belajar/Media
dalam Pembelajaran
|
|
|
|
|
|
25
|
Menunjukkan keterampilan dalam
penggunaan sumber belajar
pembelajaran.
|
|
|
|
|
26
|
Menunjukkan keterampilan dalam
penggunaan media pembelajaran.
|
|
|
|
|
27
|
Menghasilkan pesan yang menarik.
|
|
|
|
|
28
|
Melibatkan peserta didik dalam pemanfaatan sumber belajar pembelajaran.
|
|
|
|
|
29
|
Melibatkan peserta didik dalam pemanfaatan media pembelajaran.
|
|
|
|
|
D.
Pelibatan Peserta Didik dalam Pembelajaran
|
|
|
|
|
|
30
|
Menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik
melalui interaksi guru, peserta didik, sumber belajar.
|
|
|
|
|
31
|
Merespon positif partisipasi
peserta didik.
|
|
|
|
|
32
|
Menunjukkan sikap terbuka terhadap
respons peserta didik.
|
|
|
|
|
33
|
Menunjukkan hubungan antar pribadi
yang kondusif.
|
|
|
|
|
34
|
Menumbuhkan keceriaan atau antuisme
peserta didik dalam belajar.
|
|
|
|
|
E. Melaksanakan Penilaian Autentik
|
|
|
|
|
|
35
|
Menilai sikap dalam pembelajaran
|
|
|
|
|
36
|
Menilai pengetahuan dalam proses
pembelajaran
|
|
|
|
|
37
|
Menilai pengetahuan dalam proses
pembelajaran
|
|
|
|
|
F. Penggunaan Bahasa yang Benar dan
Tepat dalam Pembelajaran
|
|
|
|
|
|
38
|
Menggunakan bahasa lisan secara
jelas dan lancar.
|
|
|
|
|
39
|
Menggunakan bahasa tulis yang baik
dan benar.
|
|
|
|
|
F. Penutup pembelajaran
|
|
|
|
|
|
40
|
Melakukan refleksi atau membuat
rangkuman dengan melibatkan peserta didik.
|
|
|
|
|
41
|
Mengumpulkan hasil kerja sebagai
bahan portofolio.
|
|
|
|
|
42
|
Melaksanakan tindak lanjut dengan
memberikan arahan kegiatan berikutnya
dan tugas pengayaan.
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
||||
Nilai
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
Kriteria:
|
|||||
Amat baik
|
86
|
s.d
|
100
|
||
Baik
|
70
|
s.d
|
85
|
||
Kurang
|
Di bawah 70
|
||||
Kesimpulan :
|
|||||
......................................................................................................................................................................
|
|||||
......................................................................................................................................................................
|
|||||
......................................................................................................................................................................
|
|||||
Refleksi
|
|||||
......................................................................................................................................................................
|
|||||
……………………………………………………………………………………………………………..
|
|||||
......................................................................................................................................................................
|
|||||
Rekomendasi :
|
|||||
......................................................................................................................................................................
|
|||||
......................................................................................................................................................................
|
|||||
......................................................................................................................................................................
|
Form 3a
Instrumen monitoring
ADMINISTRASI
PEMBELAJARAN
SD/SMP/SMA/SMK
Nama Guru : ………………………………………….
Mata Pelajaran : ………………………………………….
Nama Sekolah : ………………………………………….
No
|
Aspek Yang Diamati
|
Nilai
|
Keterangan
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
Apakah
guru memiliki SK Pembagian Tugas Mengajar dari kepala sekolah tahun pelajaran
terakhir.
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Apakah
guru memiliki jadwal pelajaran minimal 24 jam per minggu
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Apakah
guru membuat program tahunan dalam tahun terakhir.
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Apakah
guru membuat program semester untuk dua semester terakhir.
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Apakah
guru memiliki silabus yang dibuat sendiri dan silabus dari pemerintah
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Apakah
guru memiliki RPP yang disusun sendiri
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Apakah
guru melakukan pembelajaran sesuai jadwal
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Apakah
guru memiliki dan menggunakan buku teks dan buku referensi
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Apakah
guru memiliki rancangan penilaian , penilaian , Instrumen, kunci, rubrik dan kriteria
penilaian UH.
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Apakah
guru memiliki Instrumen, kunci,
rubrik dan kriteria penilaian UTS
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Apakah
guru memiliki Instrumen, kunci,
rubrik, kriteria dan kisi-kisi penilaian UAS
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Apakah
guru mengoreksi hasil ulangan
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Apakah
guru membuat program dan instrumen penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri
tidak terstruktur
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Apakah
guru mendokumen-tasikan hasil penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri
tidak terstruktur
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Apakah
guru memiliki buku daftar nilai dan berisi Nilai UH, Remidi, UTS, UAS dan
Nilai Tugas.
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Apakah
guru melakukan analisis hasil evaluasi UH.
|
|
|
|
|
|
|
17
|
Apakah guru menyusun dan
melaksanakan program remedial.
|
|
|
|
|
|
|
18
|
Apakah guru menyusun dan
melaksanakan program pengayaan.
|
|
|
|
|
|
|
19
|
Apakah guru mendapatkan
tambahan dan memiliki data administrasi tugas selain mengajar
|
|
|
|
|
|
|
20
|
Apakah guru memiliki buku agenda mengajar
|
|
|
|
|
|
|
21
|
Apakah guru memiliki Permendiknas nomor 22, 23 tahun 2006 dan
Permendiknas nomor 20 tahun 2007
(Permendikbud
: 54,64,65,66,81A 2013 dan Permendikbud No.58,61,62,63 2014)
|
|
|
|
|
|
|
22
|
Apakah guru memiliki buku-buku panduan (panduan pengembangan RPP,
panduan pengembangan silabus, panduan pengembangan bahan ajar dll)
|
|
|
|
|
|
|
23
|
Apakah guru melakukan pengembangan bahan ajar
|
|
|
|
|
|
|
24
|
Apakah guru memiliki karya ilmiah populer
|
|
|
|
|
|
|
25
|
Apakah guru memiliki hasil PTK
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
: ..............................
Skor Maksimal
: 25 x 5 = 125
Nilai Akhir
: Skor perolehan : skor maksimal x 100 = ....................
.......................,
.............................
Petugas
Monitoring Guru yang bersangkutan,
|
…………………………..
NIP. NIP.
Form 3b
Instrumen monitoring
ADMINISTRASI
KHUSUS GURU BIMBINGAN KONSELING (BK)
SMP/SMA/SMK
Nama Guru : ………………………………………….
Nama Sekolah : ………………………………………….
No
|
Aspek Yang Diamati
|
Nilai
|
Keterangan
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
Apakah guru memiliki SK
Pembagian Tugas Pembimbingan dari kepala sekolah tahun pelajaran terakhir.
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Apakah guru pembimbing
memiliki perhitungan jam kegiatan pelayanan konseling di sekolah ekivalen
dengan minimal 24 jam per minggu
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Apakah guru pembimbing
membuat sendiri Program Kerja Tahunan pada tahun pelajaran terakhir.
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Apakah guru pembimbing
membuat sendiri Program Kerja Semester tahun pelajaran terakhir.
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Apakah guru pembimbing
membuat sendiri Program Kerja Bulanan tahun pelajaran terakhir
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Apakah guru pembimbing membuat
sendiri Program Mingguan Layanan Konseling
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Apakah guru pembimbing
membuat sendiri Program Harian Layanan Konseling
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Apakah guru pembimbing
membuat sendiri Satuan Layanan
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Apakah guru pembimbing
membuat Daftar Siswa Asuh dan buku pribadi
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Apakah guru pembimbing
melaksanakan 9 layanan konseling (Orientasi, Informasi, Penempatan dan
Penyaluran, Penguasaan Konten, Konseling Perorangan, Bimbingan Kelompok,
Konseling Kelompok, Mediasi, Konsultasi)
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Apakah guru pembimbing
melaksanakan kegiatan pendukung (Aplikasi Instrumentasi, Himpunan Data,
Konferensi Kasus, Kunjungan Rumah, Alih Tangan Kasus)
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Apakah guru pembimbing
membuat sendiri satuan layanan kegiatan pendukung (Satkung)
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Apakah guru pembimbing
melaksanakan evaluasi pelaksanaan konseling (Penilaian Segera, Penilaian
Jangka Pendek, Penilaian Jangka Panjang)
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Apakah guru pembimbing
melaksanakan analisis hasil evaluasi pelaksanaan konseling (semester 1 dan 2)
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Apakah guru pembimbing
melaksanakan tindak lanjut pelaksanaan konseling
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Apakah
guru pembimbing membuat administrtasi pelaksanaan konseling (Buku Kasus,
Catatan Kejadian, Sosiometri, Grafik Masalah, Jurnal Kegiatan BK, Buku Tamu)
|
|
|
|
|
|
|
17
|
Apakah guru pembimbing
membuat Laporan Bulanan, Laporan Semester dan Laporan Tahunan
|
|
|
|
|
|
|
18
|
Apakah guru pembimbing
melakukan layanan konseling sesuai jadwal
|
|
|
|
|
|
|
19
|
Apakah guru mendapatkan
tambahan dan memiliki data administrasi tugas selain mengajar
|
|
|
|
|
|
|
20
|
Apakah guru memiliki buku agenda mengajar
|
|
|
|
|
|
|
21
|
Apakah guru memiliki Permendiknas nomor 22, 23 tahun 2006 dan
Permendiknas nomor 20 tahun 2007
|
|
|
|
|
|
|
22
|
Apakah guru memiliki buku-buku panduan (panduan pengembangan RPP,
panduan pengembangan silabus, panduan pengembangan bahan ajar dll)
|
|
|
|
|
|
|
23
|
Apakah guru melakukan pengembangan bahan ajar
|
|
|
|
|
|
|
24
|
Apakah guru memiliki karya ilmiah populer
|
|
|
|
|
|
|
25
|
Apakah guru memiliki hasil PTK
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
: ..............................
Skor Maksimal
: 25 x 5 = 125
Nilai Akhir
: Skor perolehan : skor maksimal x 100 = ....................
|
Petugas
Monitoring Guru yang bersangkutan,
…………………………...
NIP. NIP.
INSTRUMEN SUPERVISI KTSP
|
INSTRUMEN PENILAIAN SILABUS
Nama Guru :
…………………………….......................................
Nama Sekolah :
…………………………….......................................
Nama Sekolah :
…………………………….......................................
........................, …………………
Penilai,
....................................................
NIP.
|
Nama Guru :
…………………………….......................................
Nama Sekolah :
…………………………….......................................
Nama Sekolah :
…………………………….......................................
........................, …………………
Penilai,
....................................................
NIP.
|
|
ADMINISTRASI
PEMBELAJARAN
SD/SMP/SMA/SMK
Nama Guru : ………………………………………….
Mata Pelajaran : ………………………………………….
Nama Sekolah : ………………………………………….
No
|
Aspek Yang Diamati
|
Nilai
|
Keterangan
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
Apakah
guru memiliki SK Pembagian Tugas Mengajar dari kepala sekolah tahun pelajaran
terakhir.
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Apakah
guru memiliki jadwal pelajaran minimal 24 jam per minggu
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Apakah
guru membuat program tahunan dalam tahun terakhir.
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Apakah
guru membuat program semester untuk dua semester terakhir.
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Apakah
guru memiliki silabus yang dibuat sendiri dan silabus dari pemerintah
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Apakah
guru memiliki RPP yang disusun sendiri
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Apakah
guru melakukan pembelajaran sesuai jadwal
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Apakah
guru memiliki dan menggunakan buku teks dan buku referensi
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Apakah
guru memiliki rancangan penilaian , penilaian , Instrumen, kunci, rubrik dan kriteria
penilaian UH.
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Apakah
guru memiliki Instrumen, kunci,
rubrik dan kriteria penilaian UTS
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Apakah
guru memiliki Instrumen, kunci,
rubrik, kriteria dan kisi-kisi penilaian UAS
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Apakah
guru mengoreksi hasil ulangan
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Apakah
guru membuat program dan instrumen penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri
tidak terstruktur
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Apakah
guru mendokumen-tasikan hasil penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri
tidak terstruktur
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Apakah
guru memiliki buku daftar nilai dan berisi Nilai UH, Remidi, UTS, UAS dan
Nilai Tugas.
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Apakah
guru melakukan analisis hasil evaluasi UH.
|
|
|
|
|
|
|
17
|
Apakah guru menyusun dan
melaksanakan program remedial.
|
|
|
|
|
|
|
18
|
Apakah guru menyusun dan
melaksanakan program pengayaan.
|
|
|
|
|
|
|
19
|
Apakah guru mendapatkan
tambahan dan memiliki data administrasi tugas selain mengajar
|
|
|
|
|
|
|
20
|
Apakah guru memiliki buku agenda mengajar
|
|
|
|
|
|
|
21
|
Apakah guru memiliki Permendiknas nomor 22, 23 tahun 2006 dan
Permendiknas nomor 20 tahun 2007
(Permendikbud
: 54,64,65,66,81A 2013 dan Permendikbud No.58,61,62,63 2014)
|
|
|
|
|
|
|
22
|
Apakah guru memiliki buku-buku panduan (panduan pengembangan RPP,
panduan pengembangan silabus, panduan pengembangan bahan ajar dll)
|
|
|
|
|
|
|
23
|
Apakah guru melakukan pengembangan bahan ajar
|
|
|
|
|
|
|
24
|
Apakah guru memiliki karya ilmiah populer
|
|
|
|
|
|
|
25
|
Apakah guru memiliki hasil PTK
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
: ..............................
Skor Maksimal
: 25 x 5 = 125
Nilai Akhir
: Skor perolehan : skor maksimal x 100 = ....................
.......................,
.............................
Petugas
Monitoring Guru yang bersangkutan,
|
…………………………..
NIP. NIP.
|
ADMINISTRASI
KHUSUS GURU BIMBINGAN KONSELING (BK)
SMP/SMA/SMK
Nama Guru : ………………………………………….
Nama Sekolah : ………………………………………….
No
|
Aspek Yang Diamati
|
Nilai
|
Keterangan
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
Apakah guru memiliki SK
Pembagian Tugas Pembimbingan dari kepala sekolah tahun pelajaran terakhir.
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Apakah guru pembimbing
memiliki perhitungan jam kegiatan pelayanan konseling di sekolah ekivalen
dengan minimal 24 jam per minggu
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Apakah guru pembimbing
membuat sendiri Program Kerja Tahunan pada tahun pelajaran terakhir.
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Apakah guru pembimbing
membuat sendiri Program Kerja Semester tahun pelajaran terakhir.
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Apakah guru pembimbing
membuat sendiri Program Kerja Bulanan tahun pelajaran terakhir
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Apakah guru pembimbing
membuat sendiri Program Mingguan Layanan Konseling
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Apakah guru pembimbing
membuat sendiri Program Harian Layanan Konseling
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Apakah guru pembimbing
membuat sendiri Satuan Layanan
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Apakah guru pembimbing
membuat Daftar Siswa Asuh dan buku pribadi
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Apakah guru pembimbing
melaksanakan 9 layanan konseling (Orientasi, Informasi, Penempatan dan
Penyaluran, Penguasaan Konten, Konseling Perorangan, Bimbingan Kelompok,
Konseling Kelompok, Mediasi, Konsultasi)
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Apakah guru pembimbing
melaksanakan kegiatan pendukung (Aplikasi Instrumentasi, Himpunan Data,
Konferensi Kasus, Kunjungan Rumah, Alih Tangan Kasus)
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Apakah guru pembimbing
membuat sendiri satuan layanan kegiatan pendukung (Satkung)
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Apakah guru pembimbing
melaksanakan evaluasi pelaksanaan konseling (Penilaian Segera, Penilaian
Jangka Pendek, Penilaian Jangka Panjang)
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Apakah guru pembimbing
melaksanakan analisis hasil evaluasi pelaksanaan konseling (semester 1 dan 2)
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Apakah guru pembimbing
melaksanakan tindak lanjut pelaksanaan konseling
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Apakah
guru pembimbing membuat administrtasi pelaksanaan konseling (Buku Kasus,
Catatan Kejadian, Sosiometri, Grafik Masalah, Jurnal Kegiatan BK, Buku Tamu)
|
|
|
|
|
|
|
17
|
Apakah guru pembimbing
membuat Laporan Bulanan, Laporan Semester dan Laporan Tahunan
|
|
|
|
|
|
|
18
|
Apakah guru pembimbing
melakukan layanan konseling sesuai jadwal
|
|
|
|
|
|
|
19
|
Apakah guru mendapatkan
tambahan dan memiliki data administrasi tugas selain mengajar
|
|
|
|
|
|
|
20
|
Apakah guru memiliki buku agenda mengajar
|
|
|
|
|
|
|
21
|
Apakah guru memiliki Permendiknas nomor 22, 23 tahun 2006 dan
Permendiknas nomor 20 tahun 2007
|
|
|
|
|
|
|
22
|
Apakah guru memiliki buku-buku panduan (panduan pengembangan RPP,
panduan pengembangan silabus, panduan pengembangan bahan ajar dll)
|
|
|
|
|
|
|
23
|
Apakah guru melakukan pengembangan bahan ajar
|
|
|
|
|
|
|
24
|
Apakah guru memiliki karya ilmiah populer
|
|
|
|
|
|
|
25
|
Apakah guru memiliki hasil PTK
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
: ..............................
Skor Maksimal
: 25 x 5 = 125
Nilai Akhir
: Skor perolehan : skor maksimal x 100 = ....................
.......................,
.............................
Petugas
Monitoring Guru yang bersangkutan,
|
…………………………...
NIP. NIP.
0 komentar:
Posting Komentar